A. Pengertian Modeling Langsung
Modeling langsung adalah prosedur yang digunakan untuk mengajarkan tingkah laku yang dikehendaki atau yang hendaknya dimiliki oleh konseli melalui contoh langsung dari konselor sendiri, guru, atau teman sebayanya.
Konselor perlu memberi contoh atau pola tingkah laku yang baik untuk klien yang tidak mengetahui bagaimana bertindak dalam suasana tertentu. Pada tahap tertentu pemberian contoh ini dapat berupa penampilan keadaan yang sebenarnya, misalnya contoh catatan kuliah yang dbapakat oleh mahasiswa lain. Konselor harus benar-benar peka terhadap berbagai kesempatan yang tepat untuk memberikan bantuan yang sederhana seperti itu. Dalam hal ini pemberian contoh pada umumnya ditampilkan dalam 2 cara yaitu konselor sendiri dapat bertindak sebagai model atau seorang kawan (dari konseli) dalam kehidupan social konseli dapat bertindak sebagai model dalam kehidupan social konseli sehari-hari. Dalam kedua cara ini, model itu hendaknya ditampilkan secara utuh dengan memperlihatkan baik keseluruhannya maupun bagian-bagiannya.
Jika menggunakan modeling langsung dalam konseling, konselor sebagai model pertama-tama konselor hendaknya berperan secara terbalik yaitu sebagai konseli sebaliknya konseli berperan sebagai orang lain dalam lingkungan konseli. Dalam pelaksanaan ini konselor hendaknya meminta konseli untuk memerankan orang tersepakt serealits mungkin. Dengan cara ini konseli dapat belajar menirukan tingkah laku yang menjadi model hampir sama dengan lingkungan konseli yang sebenarnya. Jika menggunakan model yang sesungguhnya, hendaknya diingat bahwa modeling itu adalah saran, pakkan keputusan bagi konseli. Galakkanlah konseli untuk mengadaptasi model tersepakt sesuai dengan gayanya sendiri.
B. Pelaksanaan modeling langsung
Jika konselor melaksanakan konseling dengan teknik modeling langsung maka langkah-langkah yang hendaknya dilakukan adalah:
- Perintahkan konseli untuk memainkan tentang apa yang harus ia pelajari sebelum model didemonstrasikan .
- Pilih suatu model yang serupa dengan konseli dan siapa yang bisa mendemonstrasikan tingkah laku yang menjadi tujuan dalam bentuk tiruan
- Sajikan demonstrasi model itu dalam suatu urutan scenario yang memperkecil stress bagi konseli
- Mintalah konseli untuk menyimpulkan apa yang ia lihat setelah demonstrasi itu
Kelemahan yang paling pokok adalah bahwa perpakatan (tingkah laku) teman tidak dapat dikontrol atau diulang. Barangkali yang paling baik adalah jika konselor dapat menekankan bagian-bagian mana dari perpakatan itu yang penting, dan kemudian mengulang tingkah laku yang diharapkan untuk dilakukan selanjutnya. Sesudah model ditampilkan, konseli diminta untuk meniru model itu. Konseli didorong untuk melatih diri melakukan kembali tingkah laku itu. Dalam hal ini konselor memberikan balikan dengan segera dalam bentuk komentar atau saran.
CONTOH PERCAKAPAN MODELING LANGSUNG
Deskripsi
masalah:
Ima adalah
siswa kelas X. Ima mempunyai masalah yaitu akhir-akhir ini Ima merasa tidak
nyaman dikelas apalagi dengan taqwa yang suka mengejek bajunya dikelas. Karena
Ima tidak terima diperlakukan seperti itu tapi ia tidak tahu harus berpakat
apa. Dengan masalah ini ia pun beimasiatif menemui konselor guna membantu
menyeleseikan masalahnya. Berikut petikan wawancaranya.
|
Konselor/Konseli
|
Percakapan
|
Keterampilan Dasar
|
|
1.TAHAP
WAWANCARA AWAL
|
||
|
Konseli
|
”tok..tok..!
assalamualaikum Pak..”
|
|
|
Konselor
|
Waalaikum
salam..(sambil berdiri). Mari silahkan masuk (menghampiri konseli sambil
menjabat tangan). Silahkan duduk..
|
Attending
|
|
Konseli
|
Makasih
pak..
|
|
|
Konselor
|
Kalau
boleh bapak tahu nama ima siapa? Perkenalkan nama bapak Harum..
|
|
|
Konseli
|
Nama saya
Ima pak..
|
|
|
Konselor
|
Sebelum
ima kesini tadi belajar apa..?
|
Rapport
|
|
Konseli
|
Saya tadi
baru selesei belajar biologi..
|
|
|
Konselor
|
Bagaimana
dengan pelajarannya tadi..?
|
|
|
Konseli
|
Menyenangkan
pak..
|
|
|
Konselor
|
Apakah Ima
kesini disuruh atau keinginan sendiri..?
|
Menanyakan
sifat kedatangan konseli
|
|
Konseli
|
Saya
kesini atas keinginan sendiri pak..
|
|
|
Konselor
|
Apakah
sebelumnya ima sudah pernah keruangan ini untuk dikonseling..?
|
Menanyakan
apakah konseli sudah pernah memperoleh konseling
|
|
Konseli
|
Belum
pak..
|
|
|
Konselor
|
Begini,
konseling itu adalah suatu layanan yang berusaha untuk membantu siswa yang
sedang menghadapi masalah atau sulit mengambil keputusan agar dia mampu untuk
memecahkan masalahnya atau agar dia mampu untuk mengambil keputusan yang
tepat baginya. Nah apa ima sudah mengerti..?
|
Memberi
informasi tentang konseling
|
|
Konseli
|
Iya pak..
|
|
|
Konselor
|
Jadi peran
bapak disini sebagai konselor yang berusaha membantu ima untuk menemukan
jalan keluar atas masalah yang ima hadapi. Lalu ima sendiri sebagai konseli
sebaiknya aktif dalam mengemukakan masalah dan latar belakang masalah serta
mengkaji berbagai kemungkinan jalan keluar.
|
Memberi
informasi tentang peranan konselor dan konseli
|
|
Konseli
|
Saya akan
berusaha aktif dalam konseling ini. Tapi saya tidak ingin kalau masalah
saya ini diketahui oleh orang lain.
|
|
|
Konselor
|
Ima tidak
perlu khawatir, disini bapak akan menjaga rahasia ima. Sebab dalam konseling
itu memiliki kode etik yaitu asas kerahasiaan salah satunya. Jadi jangan ragu
untuk mengemukakan masalah ima tanpa perlu merasa takut untuk diketahui orang
lain.
|
Memberi
informasi tentang kode etik konseling
|
|
Konseli
|
Syukurlah
kalau begitu.
|
|
|
Konselor
|
Baiklah,
disekolah ini terdapat 3 konselor yang dapat ima pilih dan terserah ima mau
pilih yang mana. Yang pertama ada Pak Hakim sarjana PPB UNM yang telah
berpengalaman 3 tahun. Yang kedua Bapak Fitriadi sarjana PPB UNM yang
telah berpengalaman 2 tahun, dan terakhir Bapak sendiri sarjana PPB UNM yang
berpengalaman baru 1tahun. Silahkan pilih satu diantaranya..?
|
Memberi
informasi tentang konselor yang dapat dipilih
|
|
Konseli
|
Saya dengan
bapak saja..
|
|
|
Konselor
|
Baiklah,
Ima menemui bapak punya masalah apa?
|
Menanyakan
masalah konseli
|
|
konseli
|
Iya pak.
Ini masalah saya dengan teman saya
|
|
|
Konselor
|
Terima
kasih, lalu apa yang ima harapkan setelah melakukan konseling ini?
|
Kontrak
tujuan
|
|
Konseli
|
Masalah
yang saya hadapi dapat teratasi dan menemukan jalan keluarnya
|
|
|
Konselor
|
Begini,
konseling ini mempaktuhkan waktu yaitu 2 kali pertemuan dengan durasi 45
menit, bagaimana apa ima setuju.?
|
Kontrak
waktu
|
|
Konseli
|
Iya pak
(sambil menggangguk kepala)
|
|
|
2. TAHAP
EKSPLORASI MASALAH
|
||
|
Konselor
|
Baiklah,
kita akan memulai konselingnya. Coba ceritaka masalah apa yang sedang ima
alami..?
|
Mengajak
Terpakka
|
|
Konseli
|
Begini
pak, saya tidak tahu mengapa akhir-akhir ini saya merasa tidak nyaman berada
dikelas terutama dengan taqwa..
|
|
|
Konselor
|
Kalau
boleh bapak tahu apa yang menyebabkan ima bersikap demikian?
|
Pertanyaan
terpakka
|
|
Konseli
|
Begini
pak.. (menunduk dan terdiam)
|
|
|
Konselor
|
Teruskan
Ima..
|
Dorongan
minimal
|
|
Konseli
|
Saya benci
dengan taqwa, saya kurang suka dengan perilakunya
|
|
|
Konselor
|
Kenapa ima
kurang suka dengan perilaku taqwa?
|
Mengikuti
pokok pembicaraan
|
|
Konseli
|
Saya
kurang suka dengan perilakunya yang suka mengejek baju saya dan sepertinya
sudah tidak sanggup untuk berteman dengan dia
|
|
|
Konselor
|
Apakah ima
sudah pernah mencoba untuk memberitahunya?
|
Meminta
penjelasan lebih lanjut
|
|
Konseli
|
Iya sih
pak, saya sudah pernah berusaha dan saya sangat ingin lebih akrab dengan
taqwa
|
|
|
Konselor
|
Tadi ima
mengatakan sudah tidak sanggup berteman dengan taqwa tapi kok sekarang ima
ingin lebih akrab dengan taqwa
|
Konfrontasi
|
|
Konseli
|
Iya juga
sih pak, tapi sepertinya saya tidak bisa akrab dengan taqwa
|
|
|
Konselor
|
Ima
mengatakan bahwa ima sepertinya tidak bisa akrab dengan taqwa. Mengapa hal
itu sampai terjadi?
|
Merespon
isi wacana secara logis
|
|
Konseli
|
Ya pak,
karena saya tidak suka dengan perilakunya yang suka mengejek baju saya.Saya
benci dengan taqwa
|
|
|
Konselor
|
Menurut
bapak, ima sebaiknya tidak berkata seperti itu..
|
Memberi
informasi
|
|
Konseli
|
Ya pak..
|
|
|
Konselor
|
Ima
mengatakan bahwa ima tidak suka dengan perilaku taqwa yang suka mengejek
bajumu dan ima benci dengan taqwa?
|
Merespon
isi berdasar pentingnya
|
|
Konseli
|
Benar pak,
saya jadi bingung disatu sisi saya sebenarnya ingin memberitahu taqwa
mengenai perilakunya dan ingin lebih akrab dengan taqwa tapi saya tidak tahu
harus berpakat apa?
|
|
|
Konselor
|
Ima pasti
bisa
|
Memberi
penguatan
|
|
Konseli
|
Iya pak..
|
|
|
Konselor
|
Jadi ima
benci dengan taqwa karena perilakunya yang suka mengejek baju ima?
|
Merespon
isi berdasar sebab akibat
|
|
Konseli
|
Seperti
itulah pak..
|
|
|
Konselor
|
Terkadang
memang kita bisa membenci teman kita karena perilakunya yang pakruk..
|
Memberi
nasihat
|
|
Konseli
|
Tetapi
Saya sedih pak..
|
|
|
Konselor
|
Ima merasa
sedih?
|
Merespon
perasaan sedih
|
|
Konseli
|
Terus
terang iya pak, padahal dihati kecil saya juga ada keinginan agar taqwa bisa
merubah perilakunya
|
|
|
Konselor
|
Ima merasa
gembira apabila taqwa dapat merubah perilakunya?
|
Merespon
perasaan senang
|
|
Konseli
|
Ya pak,
apalagi kami kan sekelas pak tapi saya jengkel dengan taqwa yang suka
mengejek baju saya
|
|
|
Konselor
|
Ima merasa
kesal dengan taqwa?
|
Merespon
perasaan marah
|
|
Konseli
|
Ya pak,
tapi saya benar-benar tidak tahu harus berpakat apa ..
|
|
|
Konselor
|
Ima merasa
sedih karena suka diejek bajumu dengan taqwa?
|
Merespon
yang dapat dipertukarkan
|
|
Konseli
|
Iya pak,
saya benar-benar jengkel dan kesal dengan taqwa yang suka mengejek baju saya,
apalagi kami sekelas
|
|
|
Konselor
|
Ima merasa
jengkel dan kesal karena taqwa suka mengejek bajumu dan sekarang ima sedih
karena ima sekelas dengan taqwa..?
|
Merespon
terhadap perasaan dan isi yang banyak
|
|
Konseli
|
Betul pak,
saya kesal dan jengkel dengan taqwa
|
|
|
Konselor
|
Ima merasa
frustasi karena taqwa suka mengejek ima apalagi kalian berdua sekelas..?
|
Merespon
terhadap perasaan yang sulit
|
|
Konseli
|
Ya pak..
|
|
|
Konselor
|
Ima merasa
tidak nyaman dikelas terutama pada taqwa yang suka mengejek bajumu tapi ima
tidak tahu harus berpakat apa..
|
Menanyakan
sebab-sebab masalah
|
|
Konseli
|
Ya
begitulah pak, saya sudah tidak tahu lagi harus berpakat apa untuk mengatasi
masalah saya?
|
|
|
Konselor
|
Ima merasa
putus asa dan kecewa dengan perilaku taqwa tapi ima tidak tahu harus berpakat
apa? Ima coba simpulkan apa masalah ima sebenarnya?
|
Minta
menyimpulkan
|
|
Konseli
|
Ya pak.
Saya sedih karena semua ini.Masalah saya pak saya selalu di ejek oleh taqwa
saya ingin taqwa tidak mengejek saya lagi pak
|
|
|
3.TAHAP
MEMPERSONALISASI
|
||
|
Konselor
|
Ima merasa
sedih karena berbagai kekurangan yang ima miliki telah menghilangkan harapan
yang ima inginkan..?
|
Mempersonalisasi
arti (personalisasi tema umum)
|
|
Konseli
|
Ya pak,
saya merasa terganggu karena sering kepikiran masalah ini. Setiap saya
mencoba untuk bisa memberitahu taqwa tapi saya merasa takut
|
|
|
Konselor
|
Ima merasa
jengkel karena ima belum bisa memberitahu taqwa..?
|
Mempersonalisasi
arti (internalisasi pengalaman)
|
|
Konseli
|
Benar pak,
beberapa waktu yang lalu saya sudah mencoba untuk memberitahu taqwa tapi
tetap saja taqwa masih suka mengejek baju saya
|
|
|
Konselor
|
Ima merasa
sangat marah karena taqwa masih mengejek baju ima?
|
Mempersonalisasi
arti (personalisasi implikasi)
|
|
Konseli
|
Benar pak.
Pertama, saya tidak nyaman berada dikelas karena taqwa suka mengejek baju
saya, dan kedua saya tidak suka diejek oleh taqwa dan akibatnya dikelas kami
kurang akrab
|
|
|
Konselor
|
Ima merasa
kecewa karena ima dikelas kurang akrab dengan taqwa?
|
Mempersonalisasi
masalah (mengonseptualisasikan kekurangan)
|
|
Konseli
|
Ya pak,
saya merasa kecewa..
|
|
|
Konselor
|
Ima merasa
sedih karena ima dikelas kurang akrab dengan taqwa?
|
Mempersonalisasi
masalah (menginternalisasikan kekurangan)
|
|
Konseli
|
Ya pak,
saya merasa sakit hati karena taqwa suka mengejek baju saya.Akhirnya kami
dikelas kurang akrab satu sama lain
|
|
|
Konselor
|
Ima merasa
putus asa karena ima tidak tahu harus berpakat apa sebagaimana ditunjukkan
oleh kurang akrabnya ima dengan taqwa?
|
Mempersonalisasi
masalah (mengongkretkan kekurangan)
|
|
Konseli
|
Sebenarnya
saya ingin memberitahu taqwa tapi saya tidak melakukan suatu usaha yang
maksimal
|
|
|
Konselor
|
Tadi ima
mengatakan ingin memberitahu taqwa tapi kok ima tidak melakukan suatu usaha
yang maksimal.?
|
Mempersonalisasi
masalah (mengonfrontasikan kekurangan)
|
|
Konseli
|
Iya pak,
saya belum melakukan suatu usaha yang maksimal. Andaikan saya bisa
memberitahu taqwa mungkin dia akan berhenti mengejek saya.
|
|
|
Konselor
|
Ima merasa
kecewa karena ima tidak dapat memberitahu pada taqwa dan ima ingin sekali
taqwa berhenti mengejek ima..?
|
Mempersonalisasi
tujuan (mengonseptualisasikan aset)
|
|
Konseli
|
Betul pak,
andaikan saya tahu harus berpakat apa mungkin taqwa tidak akan mengejek
saya lagi..
|
|
|
Konselor
|
Ima merasa
jengkel karena ima tidak tahu harus berpakat apa dan ima benar-benar ingin
taqwa tidak mengejek ima lagi..?
|
Mempersonalisasi
tujuan (menginternalisasikan aset)
|
|
Konseli
|
Iya pak,
jika saya tahu bagaimana cara agar taqwa dapat berhenti mengejek saya dan
kami bisa jadi akrab, tentunya saya harus bisa melakukan suatu usaha dan
melaksanakan usaha tersepakt.
|
|
|
Konselor
|
Ima merasa
sedih dan kecewa karena ima tidak bisa melakukan suatu usaha yang berarti dan
ima benar-benar ingin melakukan usaha tersepakt sebagaimana ditunjukkan oleh
kemampuan ima mengembangkan rencana usaha tersepakt dan melaksanakannya?
|
Mempersonalisasi
tujuan (mengongkretkan aset)
|
|
Konseli
|
Iya juga
sih pak, tetapi apakah saya bisa untuk memberitahu taqwa dan mempakat taqwa
berhenti mengejek saya..?
|
|
|
Konselor
|
Ima tidak
yakin apakah ima bisa memberitahu taqwa dan mempakat taqwa berhenti mengejek
ima walaupun ima sendiri telah mengetahui kekuatan-kekuatan ima untuk
mencapainya..?
|
Mempersonalisasi
tujuan (mengonfrontasikan aset)
|
|
Konseli
|
Iya juga
sih pak, saya ingin mempakat taqwa berhenti mengejek taqwa dan gara-gara
masalah ini dikelas saya dan taqwa jadi kurang akrab
|
|
|
Konselor
|
Ima merasa
sedih karena dikelas ima dan taqwa jadi kurang akrab..?
|
Mempersonalisasi
perasaan(perasaan tentang arti)
|
|
Konseli
|
Iya pak.
Saya jengkel diri saya, gara-gara saya tidak tahu berpakat apa untuk
memberitahu taqwa semuanya jadi seperti ini..
|
|
|
Konselor
|
Ima merasa
marah dengan diri ima karena ima tidak tahu berpakat apa untuk memberitahu
taqwa..?
|
Mempersonalisasi
perasaan (perasaan tentang kekurangan )
|
|
Konseli
|
Betul pak.
Tapi seharusnya saya tidak boleh tinggal diam dalam menghadapi masalah ini.
Saya harus bertindak dan melakukan suatu usaha bagaimana caranya agar saya
bisa memberitahu taqwa dan mempakat dia berhenti mengejek saya.
|
|
|
Konselor
|
Bagus Ima,
ima merasa tidak sabar lagi lagi karena ingin segera melakukan suatu usaha
agar bisa mempakat taqwa berhenti mengejek ima.
|
Mempersonalisasi
perasaan (perasaan tentang tujuan)
|
|
Konseli
|
Ya pak,
saya sudah tidak sabar ingin segera melakukannya
|
|
|
4.TAHAP
MENGEMBANGKAN INISIATIF
|
||
|
Konselor
|
Baiklah
kalau begitu terlebih dahulu ima hendaknya dapat menetapkan tujuan yang ingin
ima capai. Dalam merumuskan tujuan ini ima harus mempertimbangkan siapa saja
yang harus dilibatkan dalam upaya mencapai tujuan yang telah ima tetapkan,
apa saja yang akan dilakukan, kapan harus dilakukan dan seberapa baik
seharusnya cara itu dilakukan. Nah siapa saja yang terlibat dalam
permasalahan ima ini ?
|
Menetapkan
tujuan (menetapkan komponen-komponen)
|
|
Konseli
|
Saya rasa
yang terlibat yaitu diri saya dan taqwa..
|
|
|
Konselor
|
Baik, lalu
apa yang ima lakukan dalam menyeleseikan ketidakmampuan ima untuk memberitahu
taqwa agar dia berhenti mengejek ima..?
|
Menetapkan
tujuan (menetapkan fungsi)
|
|
Konseli
|
Saya ingin
berusaha dengan baik pak..
|
|
|
Konselor
|
Ya itu
rencana yang bagus, tapi yang lebih penting adalah bagaimana caramu
melakukannya?
|
Menetapkan
tujuan (menetapkan proses)
|
|
Konseli
|
Inilah
masalahnya pak, disamping karena saya agak takut pada taqwa, saya tak begitu
tahu cara mengemukakan yang baik dengan orang lain.
|
|
|
Konselor
|
Ima
mengalami kesulitan mengemukakan dengan taqwa karena ima agak takut.Baiklah,
ima harus menghilangkan rasa takut dan kedua ima harus bisa merespon secara
kuat.
|
|
|
Konseli
|
Untuk
menghilangkan rasa takut mungkin dapat saya capai, bagaimana caranya bisa
merespon secara akurat..?
|
|
|
Konselor
|
Ima dapat
merespon secara akurat jika ima dapat memahami apa yang dikemukakan oleh
orang lain, dan ima dapat mengkomunikasikan pemahaman itu dengan kata atau
kalimat yang tegas. Bagaimana ima sudah mengerti?
|
|
|
Konseli
|
Ya pak..
|
|
|
Konselor
|
Disamping
itu dalam kondisi yang bagaimana ima dapat mengkomunikasikan kata atau
kalimat yang tegas pada taqwa?
|
Menetapkan
tujuan (menetapkan kondisi)
|
|
Konseli
|
Saya akan
mencoba pada saat istirahat disekolah
|
|
|
Konselor
|
Bagus. Ima
juga harus menetapkan standarnya yaitu banyaknya respon yang ima kemukakan
misalnya tiga atau empat kali.
|
Menetapkan
tujuan (menetapkan standar)
|
|
Konseli
|
Ya akan
saya coba untuk dapat melakukannya 4 kali saat istirahat sekolah tiba.
|
|
|
Konselor
|
Bagus
sekali. Nah sekarang coba ima rumuskan apa tujuan yang ingin ima capai
setelah konseling ini?
|
Menetapkan
tujuan (mengkomunikasikan tujuan operasional)
|
|
Konseli
|
Baik pak,
saya merasa agak takut pada taqwa sehingga saya tidak dapat memberitahu taqwa
dengan tegas karena itu saya ingin dapat mempakat taqwa berhenti mengejek
saya, saat istirahat tiba disekolah sebagaimana ditunjukkan semaksimal
mungkin dan telah saya lakukan secara akurat sebanyak 4 kali.
|
|
|
Konselor
|
Bagus
sekali, ima telah merumuskan tujuan untuk mengatasi masalah ima..
|
|
|
Konseli
|
Ya pak..
|
|
|
Konselor
|
Kalau
boleh bapak tahu, apakah ima belum pernah mencoba untuk berusaha memberitahu
dengan tegas pada taqwa?
|
Mengembangkan
program(membantu mengidentifikasi program)
|
|
Konseli
|
Sudah pak,
tapi tetap saja saya masih takut untuk memberitahu taqwa dengan tegas.Saat
taqwa mengejek baju saya, saya terdiam dan menggigit bibir. Dapatkah bapak
menunjukkan cara lain untuk mengatasi masalah saya ini..?
|
|
|
Konselor
|
Tentu saja
dapat.Setelah saya mendengar cerita masalah ima, bapak akan memberikan
alternatif yang bisa ima lakukan yaitu ima bisa melakukan teknik modeling
langsung atau modeling simbolik. Teknik modeling langsung adalah prosedur
yang digunakan untuk mengajarkan tingkah laku yang dikehendaki atau yang
hendaknya dimiliki oleh konseli melalui contoh langsung dari konselor
sendiri, guru, atau teman sebayanya.Sedangkan modeling simbolik adalah
modelnya disajikan melalui media tertentu seperti video, slide, rekaman
suara.Bagaimana pendapatmu?
|
Mengembangkan
program (membantu konseli memilih program)
|
|
Konseli
|
Keduanya
kelihatan bagus tapi saya masih bingung pilih yang mana..?
|
|
|
konselor
|
Baiklah
agar ima dapat memilih teknik yang cocok hendaknya ima menguji setiap
alternative tadi kebaikan dan kerugiaannya baik bagi dirimu maupun orang
lain. Untuk itu ima dapat menggunakan “Lembar Keseimbangan” ini.Silahkan
diisi!
|
Pengujian
alternative program
|
|
konseli
|
Ya pak.
|
|
|
konselor
|
Coba
sekarang kita uji bersama..
|
|
|
konseli
|
Menurut
saya yang paling penting adalah agar saya dapat bertindak tegas pada taqwa.
|
|
|
konselor
|
Bagaimana
ima sudah di uji keseimbangannya. Kalau sudah tolong sebutkan kelebihan dan
kekurangan teknik modeling langsung dan simbolik
|
|
|
Konseli
|
Iya pak.
Modeling langsung keuntungannya saya bisa melihat langsung seseorang
memperagakan mengenai cara menyelesaikan masalah untuk kerugiannya saya belum
dapatkan pak. Modeling simbolik keuntungannya menurut saya kita bisa melihat
orang memperagakan dalam bentuk video dan slide sedangkan kerugiannya pak
kita tidak bisa pastikan begitu yang ditampilkan lebih baik kayaknya kalau
modeling langsung.
|
|
|
Konselor
|
Jadi ima
pilih yang mana?
|
|
|
Konseli
|
Saya pilih
modeling langsung pak
|
|
|
konselor
|
Ok.
Selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah mengatur langkah-langkah program
yaitu langkah mana yang akan ima lakukan lebih dahulu kemudian langkah
pengantara dan sub langkah baik sub langkah dari langkah awal maupun sub
langkah dari langkah pengantara itu. Langkah mana yang menurut ima lebih
penting dari semua program itu..?
|
Mengembangkan
langkah awal program
|
|
konseli
|
Saya pikir
yang menjadi langkah awal saya yakni mempelajari teknik modeling langsung
|
|
|
Konselor
|
Itu adalah
langkah awal yang baik, dan mana langkah pengantara ima yang menjadi jembatan
untuk mencapai tujuan?
|
Mengembangkan
langkah pengantara program
|
|
Konseli
|
Langkah
pengantara saya adalah saya akan memperagakan dari teknik modeling langsung
|
|
|
Konselor
|
Nah
sekarang sub langkah apa saja yang ima akan lakukan?
|
Mengembangkan
sub langkah program
|
|
Konseli
|
Yang
menjadi sub langkah saya yaitu pertama saya mempelajari teknik modeling
langsung dengan baik dan kedua tidak putus asa dalam berlatih
|
|
|
Konselor
|
Baik
sekali, sekarang ima menetapkan waktu kapan ima mau menyeleseikan program
tersepakt?
|
Merencanakan
jadwal (menetapkan waktu penyeleseian)
|
|
Konseli
|
Minggu
depan pak.
|
|
|
Konselor
|
Baik, ima
bertekad untuk menyeleseikan program tersepakt minggu depan.Selanjutnya kapan
ima akan memulai kegiatan tahap awal?
|
Menetapkan
waktu memulai
|
|
Konseli
|
Waktu
dekat ini pak. Saya tidak ingin menunda lagi pak.
|
|
|
Konselor
|
Baik
sekali, ima sudah tidak sabar menunggu. Lalu apa yang ima lakukan pada hari
kedua, ketiga dan keempat?
|
Memonitori
rentang waktu
|
|
Konseli
|
Pada hari
kedua saya akan melatih pengucapan, hari ketiga saya akan memperbanyak
latihan, dan hari keempat saya berusaha mempraktekkan
|
|
|
Konselor
|
Baiklah,
karena sudah tidak sabar untuk melakukan latihan maka kita akan memulainya
sekarang. Bapak akan memberitahukan teknik dari modeling langsung.Begini kita
akan bermain peran sebentar. Bapak ingin ima berperan sebagai taqwa. Seperti
yang dia lakukan, katakana pada Bapak apa yang ia katakan tentang baju
ima.Bapak akan berperan sebagai ima. Bapak akan hanya terdiam dan menggigit
bibir seperti yang ima katakana pada bapak. Bapak akan mengatakan pad ataqwa
perasaan sakit saya. Ok, Sekarang ima mulai sebagai taqwa.
|
Mendeskripsikan
rasional dan ringkasan modeling langsung
|
|
Konseli
|
Ya pak.
|
|
|
Konselor
|
Kita
mulai:Konseli
:(sebagai taqwa dengan suara mencemooh) “ima tahu Ima bahwa bajumu kelihatan
aneh pagi ini. Apakah baju itu milikmu atau ima rampas dari
adikmu..?”Konselor
:(sebagai Ima, diam sejenak, kemudian mulai menggigit bibir dan kemudian
berhenti) “Pakkan, ini baju saya sendiri. Hei taqwa, apa urusanmu tentang
baju ini! Kami mempunyai banyak uang. Perasaan saya sakit ketika ima
mengatakan baju saya seperti itu..?”
Konseli : (
sebagai taqwa)”oh lupakan saja. Saya minta maaf. Bisakah ima datang setelah
pulang sekolah nanti..?”
Bagaimana
apa ima sudah paham?
|
Memberi
contoh
|
|
Konseli
|
Ya pak
|
|
|
Konselor
|
Bagaimana
tentang pelaksanaan modeling langsung? Apa ima mau melakukan sekarang atau
kapan?
|
Mendiskusikan
tentang pelaksanaan modeling langsung
|
|
Konseli
|
Saya ingin
melakukan sekarang pak.
|
|
|
Konselor
|
Setelah
selesei memainkan peran seperti itu, selanjutnya konseli meringkaskan
hasilnya. Proses hasil ringkasan tersepakt adalah sebagai berikut
:Konselor :”ok. Mari
kita bicataqwan permainan peran kita tadi. Apakah ima merasa seperti yang
dilakukan
taqwa..?”Konseli
:”Ya, saya yakin ia menyesal juga. Saya tidak mengira ia benar-benar
bermaksud begitu..” Konselor
:”Mungkin itu benar. Tetapi sepanjang ima tidak mengatakan apa-apa, ia tidak
tahu bagaimana perasaanmu? Apa yang ima lihat tentang yang bapak lakukan..?
Konseli
:”Baiklah, bapak mulai menggigit bibir bapak sendiri. Tetapi bapak kelihatan
berani dan mengatakan bahwa perasaan bapak terluka..”
Konselor
:”Apakah ima dapat mengatakan pad ataqwa seperti yang saya katakan..?
Konseli
: ‘Ya saya bisa..”
Konselor
:”Baiklah, Kita bisa mencoba peranan lain. Sekarang saya berperan sebagai
taqwa dan ima sebagai dirimu sendiri. Jika ima lupa untuk mengatakan sesuatu
dan mulai menggigit bibirmu, berhentilah sejenak. Kemudian katakan pada saya
dalam kata-katamu sendiri bahwa ima merasa sakit hati diperlakukan seperti
itu..”
|
Mengajak
konseli meringkaskan hasil dari teknik modeling langsung
|
|
Konseli
|
Saya akan
coba berlatih dirumah pak.
|
Berlatih
sendiri
|
|
Konselor
|
Bagaimana
menurut ima? Dan bagaimana perasaan ima?
|
|
|
Konseli
|
Bagus pak,
saya Senang
|
|
|
5.TAHAP
TERMINASI
|
||
|
Konselor
|
Rupanya
waktu kita sudah hampir habis.
|
Merujuk
keterbatasan waktu
|
|
Konseli
|
Iya Pak
|
|
|
Konselor
|
Untuk
memanfaatkan waktu,bapak ingin ima mengungkapkan kembali pokok-pokok hasil
pembicaraan kita?
|
Meminta
Konseli Merangkum hasil Pembicaraan
|
|
Konseli
|
Saya harus
melakukan teknik modeling langsung yang bapak peragakan setiap ketemu
dengan taqwa
|
|
|
Konselor
|
Bagus
rupanya ima sudah paham, bagaiman perasaan ima sekarang?
|
Menanyakan
perasaan konseli
|
|
Konseli
|
Saya
merasa lega pak..
|
|
|
Konselor
|
Baiklah
kalau begitu bapak akan memberi tugas pada ima untuk melakukan setiap kali
ima ketemu dengan taqwa, agar dia berhenti mengejek ima
|
Memberikan
PR
|
|
Konseli
|
Ya pak
saya akan berusaha..
|
|
|
Konselor
|
Bapak akan
memberikan catatan bapak pada ima sebagai pengingat dapat dijadikan control
untuk mengetahui kemajuan ima.
|
Memberikan
catatan
|
|
Konseli
|
Baik pak,
terima kasih..
|
|
|
Konselor
|
Kalau ima
tidak keberatan kita bisa bertemu lagi disini pada hari dan jam yang sama
untuk membicataqwan pengalaman ima.?
|
Mengemukakan
rencana pertemuan berikutnya dan tindak lanjut
|
|
Konseli
|
Baiklah
kalau begitu boleh saya pamit pulang?
|
|
|
konselor
|
Untuk
pertemuaan kita cukup sampai disini, selamat siang Ima!
|
Melakukan
perpisahan
|
|
konseli
|
Selamat
siang pak..
|
|
No comments:
Post a Comment